Sekretaris KPU Siap Diperiksa Polres

Setelah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesawaran, Amin Udin menyebut bahwa yang bertanggung jawab soal anggaran adalah bukan dirinya, Sekretaris KPU Pesawaran, Dariyo mengaku siap diperiksa penyidik Kepolisian Resort (Polres) jika memang ada surat panggilan kepadanya.

Kesiapan untuk memenuhi panggilan penyidik Unit Tindak Pidana Korupsi Satreskrim Polres Pesawaran dilakukan setelah berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU Provinsi dan Pusat. “Sebagai lembaga yang taat dan patuh terhadap hukum, saya siap diperiksa penyidik polres jika memang ada surat panggilan yang saya terima,” kata Dariyo, diruang kerjanya, Selasa (14/3).

Kepada PeNa, Dariyo mengaku siap memenuhi panggilan penyidik setelah terlebih dahulu berkoordinasi dengan KPU Provinsi dan pusat. “Siap memenuhi panggilan, jika ada surat panggilan ke saya. Namun, setelah berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU Provinsi dan pusat,” ujar dia.

Paska penyidik Polres Pesawaran menangani perkara dugaan korupsi di KPU Pesawaran, inspektur jendral KPU Pusat pun turut memeriksa keuangan yang dikelola Dariyo tersebut. “Ya benar, kemarin (Senin 13/3) irjen datang dan memeriksa keuangan disini, ” ungkapnya.

Dariyo yang juga mantan kepala seksi pemerintahan di Kecamatan Way Lima tersebut, menjelaskan bahwa kedatangan dua orang dari inspektur jendral KPU pusat untuk melakukan pemeriksaan yang dilakukan secara berkala. “Ini pemeriksaan berkala yang rutin dilakukan oleh irjen. Tapi, untuk hasilnya kami tidak mengetahui. Itu wewenang irjend, ” tegas dia.

Sebelumnya, Ketua KPU Pesawaran Amin Udin menyebut bahwa kewenangan pada anggaran adalah pada Sekretaris KPU selaku kuasa pengguna anggaran. “Untuk kewenangan terkait anggaran adalah pada sekretaris. Kalau kami hanya melakukan kegiatan pemilu dan tahapannya,” kata dia.

71 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *