Sepi Order jadi Motivator, Hermawan ‘Melacur’ di Ranah Pilgub

TAPISBERSERI.COM- Era tahun duaribuan, pakar marketing Hermawan Kartajaya sangat populer. Jadwalnya padat keliling dunia sebagai motivator sekaligus memberikan paparan terkait strategi bisnis. Belakangan, kiprahnya sebagai narasumber mulai redup. Sejak 2014, peraih 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing oleh  World Marketing Association dan  The Chartered Institute of Marketing yang berkedudukan di Inggris itu mulai kurang diminati para penggiat bisnis.

 

Belakangan, Hermawan Kertajaya bahkan rela menjadi alat politik di level pemilihan gubernur. Hal itu terlihat pada acara Membangun Pengusaha Lampung, yang ditaja calon gubernur asal Partai Golkar Lampung, Arinal Djunaidi di Ballroom hotel Novotel Bandar Lampung, Kamis, 11 Mei 2017  malam.

Hermawan sendiri pada acara itu mengakui dirinya adalah orang nonmuslim. “Meskipun saya nonmuslim, akan tetapi saya justru sangat tertarik dengan cara berniaganya Nabi Muhammad SAW,” kata dia dalam paparannya.

Meski tidak menyebut berpindah profesi dari motivator marketing ke konsultan politik, Hermawan sudah memulai kiprahnya dalam Pilpres 2014 lalu.

Pendiri Markplus Inc itu secara terbuka membuka tabir dirinya mendukung Presiden Joko Widodo. Salah satunya ketika di Forum Marketing Marunouchi, Tokyo, Hermawan Kertajaya mengatakan. “Jokowi itu tidak ganteng, tapi kok bisa menjadi Presiden dan mendapat dukungan sangat besar dari masyarakat Indonesia?”

Pertanyaan yang dilontarkan Hermawan pada para hadirin yang kebanyakan adalah para eksekutif dari berbagai perusahaan di Jepang itu dijawabnya. “Jawabannya, gampang saja. Jokowi itu menganut filosofi marketing horizontal bukan vertikal. Merasa setara dengan masyarakat biasa, sederhana, tak merasa sebagai orang besar, orang tinggi,” lanjut Hermawan.

Penjelasan ini kemudian ditafsirkan Arinal Djunaidi yang mengundangnya sebagai saran yang cukup untuk membuat dirinya, mengakui tertarik dunia bisnis setelah pensiun dari Sekdaprov Lampung. Meski belum ada kejelasan usahanya, Arinal setelah berhasil menggulingkan Alzier dari kursi Ketua DPD I Golkar Lampung, bertekad maju pada Pilgub Lampung 2018 mendatang.

“Setelah tidak lagi di birokrat, jiwa bisnis muncul kembali, maka saya buat seminar bisnis ini untuk mengajak para pemuda berkecimpung dalam membangun usaha di Lampung,” kata Arinal Djunaidi, saat memberikan sambutannya.

Menurutnya, dia tertarik kembali di dunia usaha, karena terbiasa saat menjadi mahasiswa sudah menekuni entrepreneur. “Kepada pak Hermawan pada malam ini, saya ingin dia berdiskusi dengan para mahasiswa dan yang sudah hadir di sini, bagaimana cara untuk membangun daerah Lampung,” kata Arinal.

Pengalaman menerapkan ilmu marketing horizontal yang sudah menyukseskan karier politik Joko Widodo itu disinyalir bakal dipakai Arinal untuk mengantarnya jadi Gubernur Lampung.

Bukan saja Hermawan yang digaet Arinal Djunaidi, Ketua PWI Pusat, Margiono juga terlihat hadir dalam acara bertema Membangun Pengusaha Lampung itu. (bus)

 

168 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *